Tutug Oncom makanan khas Tasikmalaya yang Melegenda

 Tutug Oncom Tradisional Tasikmalaya

Tasikmalaya adalah salah satu kota yang terletak di Provinsi Jawa Barat yang dikenal sebagai kota penghasil kelom geulis dan juga berbagai macam kulinernya yang unik dan beragam. Salah satu makanan yang unik dan khas dari Tasikmalaya adalah Tutug Oncom. Tutug Oncom adalah makanan khas Tasikmalaya yang telah melekat dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Tasikmalaya, dan sudah terkenal di berbagai daerah lainnya. Pada artikel ini kita akan membahas mengenai kelezatan, bahan-bahan, dan proses pembuatan tutug oncom.

Bahan dan proses pembuatan tutug oncom







Seperti yang disebutkan diatas, artikel ini akan membahas mengenai kelezatan tutug oncom makanan tradisional khas Tasikmalaya serta bahan dan juga proses pembuatan tutug oncom. Yuk simak artikel berikut ini.

Asal Mula Tutug Oncom

Tutug oncom atau yang biasa disingkat TO adalah makanan tradisional khas Tasikmalaya yang melegenda karena sudah ada sejak zaman dahulu kala tepatnya pada tahun 1940. Dinamakan tutug oncom karena merupakan oncom yang ditutug . tutug dalam bahasa Sunda dihancurkan, diketuk atau diulek sampai hancur. Sedangkan oncom adalah makanan sejenis tempe yang terbuat dari ampas kedelai yang difermentasikan, ada juga yang terbuat dari bungkil kacang tanah dan tepung tapioka.

Tutug oncom dikenal sebagai makanan harian kelas bawah bagi masyarakat Sunda. Sejak saat itu, tutug oncom menjadi salah satu hidangan yang melekat bagi masyarakat Sunda. Tutug oncom bisa dimakan pada pagi hari, siang hari atau bisa juga malam hari. Makanan ini biasanya disajikan dengan lauk gorengan seperti tempe tepung yang biasa disebut Cipe atau gorengan lainnya seperti bakwan yang biasa disebut bala-bala, dilengkapi dengan ikan asin jambal, sambal ijo atau sambal merah, juga lalapan timun dan leunca. dengan harganya yang terjangkau dan rasanya yang lezat, banyak masyarakat yang menjadikan menu nasi tutug oncom untuk disantap setiap pagi.

Bahan Utama Tutug Oncom

Awalnya bahan yang dipakai untuk pembuatan tutug oncom hanya nasi dan oncom yang dibakar dan ditambah garam saja. Namun seiring berkembangnya zaman, bahan yang digunakan semakin bertambah, bumbu yang dipakai semakin bervariasi atau beragam. Karena bahan utamanya adalah oncom yang dibakar, atau bisa juga oncom yang di oseng atau di tumis maka bumbunya bertambah. Bahan yang biasa dipakai untuk pembuatan tutug oncom ini adalah bawang merah, bawang putih, kencur atau biasa disebut cikur, garam, penyedap rasa, dan gula merah atau gula putih.

Cara pembuatan tutug oncom

  1. Siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan: bawang merah dan bawang putih, kencur, garam, penyedap rasa, lada bubuk, gula merah atau gula putih (opsional), kecap, dan terasi (opsional)
  2. Panaskan minyak lalu masukkan bawang merah, bawang putih, dan juga kencur. Masak hingga matang dan harum.
  3. Masukkan oncom yang sudah dihancurkan, aduk hingga aroma baunya berkurang
  4. Masukkan garam, royco atau totole, lada bubuk, dan juga gula. Atau jika mau ditambahkan kecap atau terasi juga boleh
  5. Masak hingga kadar air dalam tumisan mengering dan matang.
  6. Siapkan nasi panas, lalu aduk dan campurkan tutug oncom yang sudah matang bersama nasi di dalam wadah.
  7. Nasi tutug oncom siap dihidangkan (bisa ditaruh dipiring atau dibungkus daun pisang dan kertas nasi)

Hidangkan dengan lauk pelengkap.


Postingan Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar